Jumat, 14 Maret 2014

Custom Knalpot Tenaga Naik 1-2 PS

Ganti Knalpot Custom, Tenaga Naik 1-2 PS

Penulis: Donny Apriliananda | Kamis, 19 Juli 2012 | 18:16 WIB
  • Sumber : - | Author : donny apriliananda
    Butuh kejelian untuk mengganti kanlpot standar dengan versi custom.
  • Sumber : - | Author : donny apriliananda
    Berbagai pilihan model knalpot custom. Bisa didesain sesuai selera.
  • Sumber : - | Author : donny apriliananda
    Jakarta, KompasOtomotif – Kurang puas dengan suara atau bahkan performa yang dihasilkan knalpot sepeda motor standar, menggantinya dengan versi custom bisa jadi pilihan. Meski demikian, untuk melakukannya tidak bisa sembarangan. Ada tahapan dan teori ringan agar performa dan estetikanya tetap terjaga.

Menurut Indra, pemilik Doctor Muffler di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur, jika ingin mengganti knalpot dengan versi custom, paling tidak harus mengerti tentang hubungan kapasitas mesin dan lubang knalpot. Suara yang dihasilkan pun bisa berbeda sesuai selera. Soal model, minta bentuk apa pun ”sang Doktor” siap menyediakannya. Biayanya tidak mahal, cukup Rp 1-5 juta, bergantung spesifikasi yang diminta.

Berikut tips pemasangannya:
1. Paling simpel adalah menyesuaikan besaran kapasitas (CC) mesin dengan diameter lubang knalpot custom. Misalnya bebek 100 cc, diameter knalpot tak boleh lebih dari 1,25 inci. Untuk jenis sport 150 cc maksimal 1,5 inci. Jika berkapasitas 250 cc, diameter lubang yang cocok  2 inci. Diameter lubang ini akan menentukan suara dan performa motor.
2. Saringan dalam knalpot juga menetukan performa. Jika terdapat benjolan-benjolan akan punya nafas lebih panjang (torsi kecil, nafas panjang). Jika saringan di dalam bentuknya polos sesuai diemeter lubang, motor akan punya tenaga lebih besar, tapi nafasnya lebih pendek.
3. Suara yang dihasilkan bergantung pada bahan dan ketebalan glasswool. Semakin padat dan bahannya berkualitas, suara akan semakin bulat dan tidak berisik. Soal ini, kita bijak karena suara yang terlampau bising akan mengganggu orang lain dan kabarnya akan ditindak tegas. Batas kebisingan motor 80-175 cc adalah 83 Db, sedangkan batas suara knalpot motor di atas 175 cc adalah 80 Db.
4. Jika khawatir menimbulkan dampak pada mesin, kita bisa memainkan pilot jet, spuyer, atau setelan lain di bagian karburator. Tapi pada umumnya, setelan jarang dilakukan karena efek negatif dari knalpot custom tidak begitu siginifikan untuk mesin.
5. Perhatikan panjang ”leher angsa”. Ada hitungan khusus disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Jika kepanjangan mesin jadi cepat panas. Kalau kependekan, tenaganya jadi berkurang.
Dengan perhitungan yang benar, knalpot custom biasanya mampu mendongkrak tenaga 1 PS, dan bisa didapat pada RPM lebih rendah. Artinya, akselerasi nambah, tanpa setel ulang karburator. Kalau disertai sedikit setelan, tenaga bisa naik dua kali lipat. Tapi jika ditambahporting cylinder head dan memainkan noken as, bakal lebih banyak tenaga yang menyembur.

0 komentar:

Posting Komentar